NasionalPolitik

Survei Terbaru Pilpres 2024: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

1720
×

Survei Terbaru Pilpres 2024: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

Rilpolitik.com, Jakarta – Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas bakal capres potensial 2024 yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam survei yang dilakukan pada 20-23 Juni 2023, Prabowo unggul dengan perolehan elektabilitas sebesar 36,8 persen, kemudian disusul Ganjar 35,7 persen, dan terakhir Anies Baswedan sebesar 21,5 persen.

Responden pada survei sebanyak 1.220 orang yang dipilih dengan metode multistage random sampling. diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, meskipun Prabowo unggul, tetapi keunggulannya tipis dari Ganjar.

“Jadi sampai 3 nama perbedaan Ganjar dan Prabowo Subianto masih neck to neck meskipun Prabowo unggul tapi keunggulannya tipis. Dan Anies di peringkat ketiga 21,5% selisih kurang lebih 14% dibanding Ganjar,” katanya.

Burhanuddin juga memaparkan tren basis capres menurut basis Pilpres 2019 yakni Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dia menunjukkan tren dukungan basis Jokowi paling banyak mendukung Ganjar. Sementara basis Prabowo hanya sedikit yang ke Ganjar.

Berikut urutan tren dukungan dari basis Jokowi-Ma’ruf:

Ganjar Pranowo 49,3%
Prabowo Subianto 28,5%
Anies Baswedan 14,0%

Sementara, di basis Prabowo-Sandiaga:

Prabowo Subianto 51,6%
Anies Baswedan 41,0%
Ganjar Pranowo 5,9%

Baca juga:  Prabowo Nilai Pembangunan Infrastruktur Tidak Penting Tanpa Diiringi Keamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *