EkonomiNasional

Faisal Basri Tantang Luhut Debat Soal Hilirisasi

6661
×

Faisal Basri Tantang Luhut Debat Soal Hilirisasi

Sebarkan artikel ini
Ekonom senior Faisal Basri.

Rilpolitik.com, Jakarta – Ekonom senior INDEF, Faisal Basri menantang Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk berdebat soal hilirisasi yang selalu dikampanyekan pemerintah dan paslon 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Faisal Basri menyebut konsep hilirisasi yang kerap digaungkan pemerintah sesat.

“Saya bisa debat deh dengan Luhut Pandjaitan sangat terbuka. Anda organisir aja. Saya sama Tom Lembong berdua, Luhut sama Seto (staf khusus Luhut),” ujar Faisal, Senin (5/2/2024).

Menurut Faisal, hilirisasi yang terus digembar-gemborkan pemerintah itu hanya gimik dan tidak pernah berbicara terkait industrial policy.

“Semua bisa selesai menunjukkan betapa sesatnya hilirisasi ini. Jadi cuma gimik-gimik aja lah. Itu yang saya sedih tidak dibicarakan yang namanya industrial policy, yang penting hilirisasi,” ujarnya.

Perbincangan hilirisasi muncul berawal dari pernyataan Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar yang menyebut hilirisasi dijalankan secara ugal-ugalan saat debat Cawapres beberapa waktu lalu.

Pernyataan itu langsung dibantah oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Luhut siap mengajak Cak Imin ke lokasi hilirisasi.

“Saya pengin sebenarnya mengundang Muhaimin tuh berkunjung ke Weda Bay, Morowali untuk lihat sendiri. Seeing is believing, gitu,” katanya dikutip dari akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Rabu (24/1/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *