EkonomiNasional

9,9 Juta Gen Z Nganggur, Ferdinand: Presiden Hanya Bisa Bagi Sembako dan Sertifikat

6288
×

9,9 Juta Gen Z Nganggur, Ferdinand: Presiden Hanya Bisa Bagi Sembako dan Sertifikat

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo bagi-bagi sembako.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Politikus Ferdinand Hutahean menanggapi banyaknya jumlah generasi muda (Gen Z) usia 15-24 tahun di Indonesia yang tidak bekerja dan tidak sedang sekolah pada 2023. Ferdinand menganggap hal tersebut sebagai kegagalan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ferdinand menilai Jokowi selama ini hanya sibuk dengan pekerjaan yang seharusnya cukup dilakukan oleh Ketua RT di masyarakat. Salah satu contohnya adalah bagi-bagi sembako dan sertipikat tanah.

Menurut Ferdinand, banyaknya jumlah pengangguran dan tak sekolah di kalangan Gen Z karena Jokowi tidak punya konsep membangun bangsa.

“Beginilah negara jika presidennya hanya bisa bagi-bagi sembako dan bagi-bagi sertifikat yang seharusnya itu pekerjaan Pak RT,” kata Ferdinand dikutip dari unggahannya di X pada Sabtu (18/5/2024).

Ferdinand mengatakan seorang kepala negara harus memiliki konsep untuk pembangunan bangsa ke depan.

“Jadi pemimpin harus punya konsep dalam pikiran dalam membangun bangsa. Jokowi gagal punya konsep dan bergantung pada orang lain yang justru menjerumuskannya,” ujarnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, terdapat sekitar 9,9 juta penduduk generasi muda usia 15 – 24 tahun di Indonesia tidak bekerja dan tidak sedang sekolah pada 2023. Angka itu setara dengan 22,25 persen dari total penduduk usia muda di Indonesia.

Secara lebih rinci, jumlah generasi muda yang juga tergolong “Gen Z” tidak bekerja, tidak sedang dalam pendidikan, dan tidak menjalani pelatihan mencapai 9.896.019 orang pada Agustus 2023.

(Faw/rilpolitik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *