Serba-serbi

Khawatir Akun WhatsApp Disadap? Ini Cara Ngeceknya!

3292
×

Khawatir Akun WhatsApp Disadap? Ini Cara Ngeceknya!

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

Rilpolitik.com, Jakarta – WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan masyarakat, tak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Seiring dengan banyaknya pengguna, semakin banyak juga pihak tak bertanggung jawab yang berupaya melakukan kejahatan seperti penyadapan kepada akun para pengguna WhatsApp.

Namun demikian, pengguna tak perlu khawatir. Tanpa perlu mengunduh aplikasi lain, pengguna WhatsApp bisa mengecek untuk mengetahui apakah akunnya sedang disadap atau tidak. Pengguna hanya perlu teliti memeriksa aktivitas WhatsApp sendiri.

Berikut cara mengetahui akun WhatsApp disadap seperti dikutip dari Alphr:

1. Cek Daftar Teman

Lakukan pengecekan pada kontak WhatsApp. Caranya dengan membuka aplikasi dan mengetuk ikon chat di bagian bawah. Periksa apakah ada teman baru yang tidak dikenal muncul dalam daftar tersebut.

2. Periksa Sesi Chat Terbaru

Cek sesi terakhir dengan mengetuk tanda titik tiga lalu pilih Linked Device. Lihat daftar “Last Active…” apakah ada perangkat yang tidak dikenal. Jika ada, langsung pilih opsi Log Out.

3. Periksa Informasi Kontak

Para pelaku kejahatan yang mencoba membajak akun akan mencoba mulai mengubah informasi kontak. Kamu bisa melihatnya dengan menekan tanda titik tiga di bagian sudut kanan atas.

Berikutnya ketuk Pengaturan dan lanjutkan dengan masuk ke menu Profil. Lihat dengan seksama apakah informasi yang akurat. Jika ada yang berubah maka amankan segera dengan menggunakan verifikasi dua langkah (two-step verification).

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *