DaerahNasional

Forum Desa Pegunungan Pinrang Minta Dukungan Percepatan Pembangunan Infrastruktur

4328
×

Forum Desa Pegunungan Pinrang Minta Dukungan Percepatan Pembangunan Infrastruktur

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

Rilpolitik.com, Makassar – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima audiensi para kepala desa dari Forum Desa Pegunungan Pinrang di sela-sela kunjungan kerja di Makassar, Selasa (13/6/2023) malam.

Hadir Kepala Desa Kariango, Muhammad Jafar, Kepala Desa Bassean, Edi, Kepala Desa Ulusaddang, Maskur, dan Fasilitator Desa Pegunungan Pinrang, Baharuddin Makkutana.

Ketua DPD RI didampingi Anggota DPD RI dapil Sulsel, Andi Muh. Ihsan dan Staf Khusus Ketua DPD RI Sefdin Syaifudin.

Forum Desa Pegunungan Pinrang, Sulawesi Selatan berharap DPD RI mendorong kembali pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di kawasan Kerajaan Letta yang terdiri dari beberapa desa tertinggal di Kabupaten Pinrang, bisa dibantu Pemerintah Pusat, dalam hal ini APBN.

Baharuddin Makkutana, Fasilitator Forum Desa Pegunungan Pinrang menjelaskan mereka sudah pernah menyampaikan aspirasinya ke DPD RI di Jakarta, pada November 2022 dan bertemu dengan pimpinan Komite III DPD RI.

Setelah pertemuan itu, lanjut Baharuddin,
sudah ada upaya dan tindakan nyata dari Pemkab Pinrang didukung Pemprov Sulsel. Namun mereka berharap pemerintah pusat turut serta mempercepat pembangunannya.

“Kami berterima kasih kepada Ketua DPD RI karena setelah bertemu DPD RI, Pemkab Pinrang dan Pemprov Sulsel bergerak membangun. Namun istilahnya, masih di luaran. Kami ingin pembangunan infrastruktur ini sampai ke dalam. Kami maklum anggaran di daerah sangat terbatas, makanya harapan kami pemerintah pusat turun tangan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Forum Desa Pegunungan Pinrang menyampaikan tiga aspirasi utama. Pertama, mereka meminta pembangunan jembatan untuk kendaraan roda empat yang menghubungkan Desa Kariango ke Desa Bakaru, yang menghubungkan Kabupaten Pinrang, Enrekang, dan Tana Toraja.

“Sudah ada jembatan tetapi hanya selebar 1,5 meter. Jadi untuk papasan motor saja sulit,” katanya.

Mereka juga mengusulkan adanya jembatan yang menghubungkan Malimpung, Pinrang dengan Kecamatan Batulappa.

Aspirasi ketiga adalah perbaikan tangga tebing Ale-Ale setinggi 200 meter. Tangga tebing berada di Desa Kaseralau, Kecamatan Batulappa yang menghubungkan Desa Letta dan desa Kariango, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

“Jalur tangga ini menjadi jalan utama pedagang dari Letta ke Pasar Tepulu di desa Kaseralau,” lanjut Baharuddin.

Menanggapi aspirasi tersebut, Ketua DPD RI berkomitmen untuk memfasilitasi agar permasalahan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Pegunungan Pinrang segera terselesaikan.

Menurutnya, akses transportasi sangat penting untuk memperlancar aktifitas perekonomian dan layanan lainnya, seperti kesehatan dan pendidikan.

“DPD RI sebagai representasi masyarakat dan daerah berkomitmen membantu mencari solusi terkait infrastruktur di daerah. Nantinya Bapak-bapak bisa berkoordinasi lebih lanjut dengan para anggota DPD RI dari sini (Sulsel) untuk percepatannya,” ucap LaNyalla.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *