NasionalPolitik

Tak Undang Jokowi-Gibran, Rakernas PDIP Hanya Untuk Kader yang Setia pada Konstitusi

4018
×

Tak Undang Jokowi-Gibran, Rakernas PDIP Hanya Untuk Kader yang Setia pada Konstitusi

Sebarkan artikel ini
Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menjelaskan alasan tak diundangnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka ke acara Rakernas V PDIP di Jakarta. Dia menyebut Rakernas PDIP hanya untuk kader partai yang setia kepada konstitusi.

“PDIP itu satu partai ideologis di mana Ibu Megawati Ketum selalu kokoh berdiri untuk menyuarakan kebenaran, untuk melaksanakan konstitusi dan ideologi itulah yang digembleng oleh beliau kepada seluruh kader-kadernya,” kata Djarot dalam acara Rakernas di Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Dia mengatakan, anggota partai yang melanggar kontsitusi dan etika dianggap sudah bukan bagian dari PDIP lagi.

“Apabila ada di antara kita anggota partai yang melanggar konstitusi, melanggar etika dan moral, maka dia sudah bukan menjadi bagian dari keluarga besar PDIP,” ujarnya.

Menurut Djarot, pihak-pihak yang melanggar etika telah bertentangan dengan AD/ART partai. Selain itu, sebut dia, pun bertentangan dengan konstitusi negara.

“Oleh sebab itu, yang diundang adalah ini adalah untuk internal partai, yang diundang adalah sahabat-sahabat, para cendekiawan, para akademisi, para civil society, budayawan, masyarakat, prodemokrasi yang betul-betul berjuang untuk menengakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, yang bermartabat,” kata dia.

Sebagai informasi, Rakernas PDIP digelar selama 24-26 Mei 2024. Rakernas tersebut juga akan membahas keputusan sikap PDIP apakah akan berada di dalam atau di luar pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke depannya.

Baca juga:  Peluang Jadi Wakil Khofifah Tertutup, PDIP Siap Bangun Koalisi dengan PKB di Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *