HukumNasional

SYL Palakin Eselon I Kementan, Beli Mobil Rp500 Juta Buat Anaknya

4949
×

SYL Palakin Eselon I Kementan, Beli Mobil Rp500 Juta Buat Anaknya

Sebarkan artikel ini
Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Kejahatan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024). Salah satunya adalah pembelian mobil merek Toyota untuk anak perempuan SYL, Indira Chunda Thita.

Hal itu dibongkar oleh Pejabat Fungsional Barang dan Jasa Rumah Tangga Kementan Arief Sopian. Menurutnya, mobil tersebut dibeli pada Maret 2022 seharga Rp500 jutaan.

Kepada hakim, Arief mengaku mobil tersebut dibeli dari hasil patungan eselon I Kementerian Pertanian (Kementan), kecuali bagian Inspektorat Jenderal (Itjen).

“Ya eselon I-nya dari Tanaman Pangan ada, dari Perkebunan gitu, Yang Mulia,” tutur Arief.

“Semua eselon I?” tanya hakim.

“Tidak, Yang Mulia. Eselon I yang tidak pernah dibobolkan (dimintai patungan) Inspektorat Jenderal,” kata Arief.

Namun,Arief tidak menyampaikan detail pemberian uang dari masing-masing pejabat dimaksud.

Hakim kemudian menggali pihak yang menerima mobil. Arief menyampaikan bahwa mobil tersebut dikirim ke rumah anak SYL, Indira Chunda Thita Syahrul yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

“Kalau enggak salah Thita (Indira Chunda Thita Syahrul) ya,” jelas dia.

Mobil tersebut dibayar lunas dengan harga sekitar Rp500 jutaan. “Rp500-an (juta) saat itu, Yang Mulia,” tutur Arief.

SYL didakwa melakukan pemerasan hingga mencapai Rp44.546.079.044 dan menerima gratifikasi dianggap suap sejumlah Rp40.647.444.494 selama periode 2020-2023.

Tindak pidana itu dilakukan SYL bersama-sama dengan dua terdakwa lainnya yaitu Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *