HukumNasional

Sekjen PDIP Anggap Pelaporan Ganjar ke KPK Sebagai Respon atas Usulan Hak Angket

6525
×

Sekjen PDIP Anggap Pelaporan Ganjar ke KPK Sebagai Respon atas Usulan Hak Angket

Sebarkan artikel ini
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

DEPOK, Rilpolitik.com – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menilai tuduhan penerimaan gratifikasi terhadap Ganjar Pranowo seperti dalam laporan Indonesia Police Watch (IPW) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bermuatan politis.

Menurutnya, laporan tersebut sebagai upaya pembungkaman terhadap Ganjar yang lantang menyuarakan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan pemilu 2024.

Hasto menyebut laporan tersebut sebagai respon atas wacana penggunaan hak angket di DPR yang pertama kali diusulkan Ganjar selaku Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 itu.

“Kita lihat bagaimana reaksinya, aksi reaksinya. Baru Pak Ganjar mengusulkan hak angket, langsung disetrum, ada yang melaporkan (ke) KPK,” kata Hasto dalam acara Election Talk di FISIP Universitas Indonesia, Kamis (7/3/2024).

Tak hanya Ganjar, upaya pembungkaman, kata Hasto, juga dialami oleh sejumlah media nasional. Diaa membeberkan sejumlah media yang ikut ‘disetrum’ usai mengungkap dugaan kecurangan pemilu.

“Itu setruman-setruman itu banyak sekali ini. Media udah banyak yang disetrum, Tempo, Kompas, Media Indonesia. Dan inilah yang kemudian wajah populis yang ternyata berlindung di balik kata-kata demokrasi prosedural,” ujarnya.

Diketahui, IPW melaporkan Ganjar Pranowo bersama eks Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno ke KPK atas dugaan menerima gratifikasi pada Selasa (5/3/2024).

Laporan tersebut dilakukan oleh Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso. Belakangan diketahui bahwa Sugeng merupakan pengurus sekaligus caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang saat ini dipimpin putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Sementara Ganjar telah membantah tuduhan tersebut. “Saya tidak pernah menerima pemberian/gratifikasi dari yang dia tuduhkan,” kata Ganjar pada Rabu (6/3/2024).

Baca juga:  Soal Kasus Harun Masiku, MAKI Minta KPK Tak Banyak Drama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *