NasionalPolitik

KPU: Ikhtiar PPP Lolos DPR Lewat MK Tak Tercapai

4299
×

KPU: Ikhtiar PPP Lolos DPR Lewat MK Tak Tercapai

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai upaya PPP mencapai ambang batas parlemen 4% melalui gugatan sengketa Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak akan tercapai. Hal itu merupakan dampak dari banyaknya gugatan PPP yang diajukan tidak diterima oleh MK.

Gugatan PPP terkait hasil Pileg 2024 berguguran di Mahkamah Konstitusi (MK). Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari pun mengatakan peluang PPP lolos ambang batas parlemen 4 persen tidak akan tercapai.

“Ikhtiar dari PPP melalui jalur MK untuk mencapai perolehan suara minimal batas untuk parliamentary threshold 4 persen rupa-rupanya tidak dapat tercapai,” kata Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, di gedung MK, Jakarta Pusat pada Selasa (21/5/2024).

“Karena putusan dismissal menyatakan sejumlah perkara PPP tidak dapat dilanjutkan ke pemeriksaan pembuktian,” sambungnya.

Hasyim mencontohkan perkara PPP mempersoalkan hasil Pileg 2024 di Jawa Barat yang tidak diterima MK.

“Yang paling menonjol di Jawa Barat tadi itu ada 19 kabupaten/kota di Jawa Barat dan oleh Mahkamah dinyatakan tidak memenuhi seingat saya tadi ya, tidak bisa lanjut ke pemeriksaan pembuktian,” tutur dia.

Diketahui, 13 perkara dari 24 gugatan yang diajukan PPP ditolak oleh MK. Selebihnya, pembacaan putusan dimissal akan dilanjutkan hari ini, Rabu (22/5/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *