NasionalPolitik

Jawaban Jokowi Soal Putusan MA Disebut Sebagai Drama Lempar Batu Sembunyi Tangan

5130
×

Jawaban Jokowi Soal Putusan MA Disebut Sebagai Drama Lempar Batu Sembunyi Tangan

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo bersama anak bungsunya Kaesang Pangarep.

JAKARTA, Rilpolitik.comPresiden Joko Widodo meminta wartawan untuk bertanya langsung ke Mahkamah Agung (MA) dan atau penggugat terkait putusan MA yang mengubah syarat batas usia minimal calon kepala daerah. Pegiat media sosial, Jhon Sitorus mengkritik keras Jokowi.

Jhon menyebut Jokowi kembali memainkan drama seolah-olah tidak ikut campur terhadap putusan yang dinilai akan menjadi jalan bagi putra bungsunya, Kaesang Pangarep agar bisa maju Pilgub 2024.

“Drama lempar batu sembunyi tangan dimulai lagi,” kata Jhon dalam unggahannya di X dikutip pada Jumat (31/5/2024).

Dia secara tegas menyatakan bahwa Jokowi lah sutradara dari drama yang ia anggap kotor ini.

“Lagi-lagi, rakyat dibuat bengong seolah-olah Jokowi nggak ngapa-ngapain, padahal dialah sutradaranya drama kotor ini,” ujarnya.

Jokowi, katanya, tidak mau disalahkan dari putusan tersebut sehingga dia melempar isunya ke MA.

“Dia melempar tanggungjawab sepenuhnya ke pihak lain agar ketika diminta pertanggungjawaban, dia tidak mau disalahkan,” katanya.

Padahal, kata Jhon, Jokowi bisa meminta MA untuk tidak mengurusi soal batas usia calon kepala daerah demi menghindari praktek nepotisme.

“Tapi apa dia mau? Tentu tidak. Karena kekuasaan ini terlalu menggiurkan,” ujarnya.

Diketahui, dalam Putusan Nomor 23 P/HUM/2024, MA mengubah penghitungan usia calon kepala daerah yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020.

Aturan tersebut sebelumnya mengatur syarat usia minimum calon kepala daerah untuk Gubenur dan Wakil Gubernur adalah 30 tahun saat pendaftaran dan 25 tahun untuk calon bupati dan wakil bupati atau calon wali kota dan wakil wali kota.

Kini, aturan penghitungan usia minimal diubah menjadi ‘saat pelantikan’, bukan ‘saat pendaftaran’.

Sebagai informasi, putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, selama ini digadang-gadang untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Namun, rencana itu terganjal oleh aturan yang mensyaratkan calon gubernur dan wakil gubernur harus berusia menimal 30 tahun saat pendaftaran. Sementara usia Kaesang saat ini baru 29 tahun.

Dengan adanya putusan MA yang memerintahkan KPU mencabut PKPU Nomor 9 Tahun 2020 itu, Kaesang dipastikan bisa maju pada Pilgub 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *