NasionalPolitik

Inisiator Petisi 100 Klaim 50 Persen Kader Gerindra Dukung Pemakzulan Jokowi

4833
×

Inisiator Petisi 100 Klaim 50 Persen Kader Gerindra Dukung Pemakzulan Jokowi

Sebarkan artikel ini
Inisiator Petisi 100, Faizal Assegaf. [Tangkapan layar]

Rilpolitik.com, Jakarta – Inisiator Petisi 100, Faizal Assegaf mengklaim 50 persen kader Partai Gerindra mendukung wacana pemakzulan Presiden Joko Widodo.

Hal itu disampaikan Faizal Assegaf dalam sebuah acara televisi swasta nasional seperti rilpolitik.com kutip hari ini, Rabu (17/1/2024).

Faizal menjelaskan, gerakan pemakzulam ini sudah ada sejak Juni 2023 dan sudah bersurat ke DPR RI dan MPR RI. Dia mengungkapkan beberapa alasan pemakzulan Jokowi, di antaranya adalah dugaan intervensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), “perampokan” sumber daya alam, kekacauan hukum, dan dugaan intervensi politis dalam pemilu oleh pemerintahan Jokowi.

“Kalau arah, tujuan negara ini ditunggangi oleh dinasti politik, maka protes secara gerakan moral itu akan muncul,” kata Faizal.

Sebelumnya, sejumlah tokoh yang tergabung dalam Petisi 100 menemui Menko Polhukam Mahfud MD beberapa waktu lalu. Mereka mengajukan permintaan pemakzulan Jokowi karena kepala negara itu dianggap terlalu ikut campur dalam Pilpres 2024.

Mereka meminta Pemilu 2024 dilakukan tanpa Jokowi. Sebab, ia dinilai tidak netral usai mengimbau jangan ada serangan personal pasca debat ketiga Pilpres 2024. Di mana hal itu seolah-olah membuatnya berpihak kepada paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Mahfud sendiri mengaku Kemenko Polhukam tidak berwenang menerima atau menolak usulan tersebut. Menurutnya, usulan itu seharusnya disampaikan ke partai politik atau DPR RI.

“Itu urusan parpol dan DPR, bukan Menko Polhukam. Saya tidak menyatakan setuju atau tidak terhadap gagasan itu, tapi saya mempersilakan mereka untuk menyampaikannya ke parpol dan DPR,” kata Mahfud pada Selasa (9/1/2024).

“Karena institusi itu lah yang berwenang menangani usulan seperti itu (pemakzulan), tentu dengan melalui prosedur dan memenuhi persyaratan sesuai undang-undang,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *