EkonomiNasional

Dulu Kritik Keras, Sekarang AHY akan Percepat Pengadaan Lahan Food Estate

4511
×

Dulu Kritik Keras, Sekarang AHY akan Percepat Pengadaan Lahan Food Estate

Sebarkan artikel ini
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). [Instagram @agusyudhoyono]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkomitmen untuk mempercepat pembebasan lahan untuk program food estate. Pasalnya, food estate merupakan proyek strategis nasional (PSN).

Sebagai bentuk komitmen dukungannya, Ketua Umum Partai Demokrat itu mendorong pemerintah daerah untuk mempercepat penyelesaian 2.000 dokumen rencana detail tata ruang (RDTR).

“Ini berlaku semua sektor terutama proyek pembangunan termasuk PSN, termasuk pengadaan lahan untuk program food estate,” ujar AHY pada sambutan Rakernas Kementerian ATR/BPN 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sikap AHY terkait food estate berbeda dengan saat putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu masih di luar pemerintahan sebagai oposisi bersama Demokrat selama hampir dua periode.

AHY sebelumnya dikenal sebagai sosok ketum partai oposisi yang kritis terhadap program-program pemerintah, salah satunya soal proyek food estate.

Menurut AHY saat itu, food estate merupakan program yang hanya mengandalkan ekstensifikasi lahan saja, tetapi mengabaikan faktor ekologi dan sosial.

“Kedaulatan pangan seharusnya berorientasi pada pemberdayaan dan pelibatan masyarakat, serta mengindahkan aspek keseimbangan lingkungan, keberlanjutan dan tradisi masyarakat lokal,” kata AHY dalam pidato politiknya di lapangan tenis indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

AHY bahkan menyatakan kebijakan itu tidak sejalan dengan prinsip ekonomi Partai Demokrat, yaitu pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan dengan tetap menjaga keseimbangan alam.

Dia menilai program lumbung pangan tidak tepat dan dikritik oleh kalangan akademisi pertanian dan aktivis lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *