HukumNasional

Ditekan KPK Soal Harun Masiku, Hasto Tantang Balik: Bongkar Dugaan Korupsi Bansos dan Izin Tambang

6108
×

Ditekan KPK Soal Harun Masiku, Hasto Tantang Balik: Bongkar Dugaan Korupsi Bansos dan Izin Tambang

Sebarkan artikel ini
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri berharap Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto memberi informasi mengenai keberadaan Harun Masiku, buronan KPK yang berstatus tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR periode 2019-2024.

Menanggapi hal itu, Hasto Kristiyanto meminta KPK untuk fokus saja memerangi korupsi. Ia menilai Harun Masiku adalah korban atas kasus suap penetapan anggota DPR.

“Ya sebenarnya seluruh lembaga penegak hukum itu harus berfokus pada memerangi korupsi,” kata Hasto di kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (7/4/2024).

Menurut Hasto, Masiku memiliki hak politik berdasarkan keputusan Mahkamah Agung (MA) untuk menjadi anggota Dewan.

“Tetapi (Harun Masiku) diperas, dan itu dilakukan oleh oknum KPU (Komisi Pemilihan Umum),” ujarnya.

Di lain sisi, Hasto meminta KPK semestinya fokus mengungkap berbagai dugaan penyalahgunaan penggunaan anggaran dalam bantuan sosial (bansos) yang gencar diberikan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kemudian, dia juga meminta KPK membongkar dugaan keterlibatan orang di lingkar penguasa atas kasus izin tambang. Namun, Hasto tak menyebut siapa orang lingkar penguasa yang dimaksudnya tersebut.

“Ini yang menjadi fokus dari KPK. Hal-hal itulah yang seharusnya dilakukan. Ya tugas-tugas negara untuk melakukan penegakan hukum,” katanya.

Hasto lantas menanyakan apakah KPK berani membongkar dugaan kasus-kasus tersebut. Sebab, menurut dia penyalahgunaan kekuasaan oleh Presiden begitu besar terjadi saat ini.

Dia mengkhawatirkan, penyalahgunaan kekuasaan atau abuse of power tersebut bahkan berujung pada intervensi ke KPK.

“Tapi ketika supremasi hukum itu sudah dilanggar karena abuse of power dari presiden, apakah KPK masih punya suatu nyali di dalam melakukan hal itu? Yang kami lakukan adalah upaya mendukung KPK di dalam memberantas korupsi, di dalam mencegah berbagai penyalahgunaan kekuasaan tanpa memperlihatkan siapa yang melakukan itu,” ujar Hasto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *