EkonomiNasional

Difitnah Jadi Dalang Penyebab Beras Mahal dan Langka Pakai Foto Lama, Hendi PDIP Labrak Buzzer Prabowo

8186
×

Difitnah Jadi Dalang Penyebab Beras Mahal dan Langka Pakai Foto Lama, Hendi PDIP Labrak Buzzer Prabowo

Sebarkan artikel ini
Kepala LKPP Hendrar Prihadi. [Sumber: Instagram @hendrarprihadi]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Sebuah akun di media sosial X diduga buzzer Prabowo Subianto memfitnah Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai sosok yang menjadi dalang kelangkaan dan tingginya harga beras.

Dalam unggahannya itu, akun dengan username @irwanka5 mengunggah foto Hendrar dengan tumpukan beras kemasan 5kg bergambar Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Dalam narasinya, akun tersebut menuding Hendrar sebagai penyebab beras langka dan mahal.

“Akhirnya kita tahu kenapa beras jadi langka dan mahal. Inilah Hendrar Prihadi dari PDIP yg ditunjuk Presiden sbg Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Penimbun? Utk kampanye? Lalu buzzer2nya teriak2 bansos, beras langka dan mahal,” tulis akun tersebut.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, akhirnya merespon fitnah tersebut. Dia menjelaskan, pembagian beras itu dilakukan pada April 2022. Sementara dirinya dilantik jadi Kepala LKPP pada Oktober 2023.

“Fotonya April 2022, saya menjadi Kepala LKPP Oktober 2022,” jelas Hendrar pada Senin (26/2/2024).

Dia kemudian meminta akun tersebut untuk menjelaskan terkait postingannya yang bernada fitnah itu.

“Itu (beras) dibagikan langsung ke masyarakat. Apa hubungannya? Bisa tolong dijelaskan?” ujar mantan Wali Kota Semarang dua periode itu.

Berdasarkan penelusuran rilpolitik.com, paket beras premium dalam kemasan bergambar Puan Maharani itu dibagikan di Kota Semarang pada 27 April 2022. Saat itu, ada 11.400 sak beras yang disalurkan melalui DPC PDIP Kota Semarang. Tiap 1 sak beras itu berbobot 5 kilogram.

Hendi selaku Ketua DPC PDIP Kota Semarang mengucapkan terima kasih kepada Puan atas bantuan tersebut. Dia mengatakan paket bantuan beras bergambar Puan itu disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

“Atas nama Partai, atas nama masyarakat Kota Semarang, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan beras untuk rakyat dari Mbak Puan ini bermanfaat, terutama untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata Hendi, yang juga Wali Kota Semarang, di kantor DPC PDIP Kota Semarang, Rabu (27/4/2022).

Diketahui, belakangan ini harga beras melambung tinggi. Bahkan disebut-sebut tertinggi sepanjang sejarah Indonesia, yaitu mencapai Rp18 ribu per kg.

Tak hanya mahal, beras pun jadi langka. Banyak warga di sejumlah daerah yang harus antri untuk bisa mendapatkan beras.

Banyak pihak menyebut kelangkaan dan mahalnya beras disebabkan oleh kebijakan bansos yang ugal-ugalan menjelang Pemilu 2024 demi memenangkan Prabowo-Gibran.

Sebuah akun X diduga buzzer Prabowo memfitnah Kepala LKPP sekaligus politikus PDI Perjuangan Hendrar Prihadi sebagai dalang penyebab langka dan mahalnya harga beras dengan menggunakan foto lama yang tidak ada kaitannya dengan kenaikan beras saat ini. [Tangkapan layar]
(War/rilpolitik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *