NasionalPolitik

Didukung Jokowi Setengah Mampus, PSI Tetap Gagal Lolos ke DPR

5980
×

Didukung Jokowi Setengah Mampus, PSI Tetap Gagal Lolos ke DPR

Sebarkan artikel ini
Caleg PDI Perjuangan Ferdinand Hutahean.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) gagal mengirimkan kadernya ke Senayan. Pasalnya, partai pimpinan anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, tak mampu menembus ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 4 persen.

Sejumlah politikus PSI yang berpotensi lolos pun seperti Ade Armando hingga Grace Natalie akhirnya kandas karena perolehan suara sah nasional partai bunga mawar itu tidak bisa dikonversi menjadi kursi di parlemen.

Politikus PDI Perjuangan, Ferdinand Hutahean tampak sangat puas PSI kembali gagal lolos ke DPR RI di Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ferdinand yang merupakan mantan politikus Demokrat itu dalam unggahannya di X seperti rilpolitik.com kutip pada Kamis (21/3/2024).

Ferdinand mengatakan, dukungan Jokowi terhadap PSI ternyata tidak mempan membuat PSI lolos ambang batas parlemen 4 persen.

“Sudahlah mulut mereka ini paling riuh, kadernya pada menggadaikan idealisme dari penghujat Prabowo jadi pemuja Prabowo, ternyata gagal juga ke Senayan meski Jokowi sudah mendukungnya setengah mampus,” kata Ferdinand.

Diketahui, Diketahui, PSI hanya mampu meraih 4.260.169 suara atau 2,80 persen dari total suara sah nasional.

Mengacu pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, partai politik yang gagal meraup sedikitnya 4 persen suara sah nasional tidak dapat mengonversi suaranya menjadi kursi di Senayan.

(War/rilpolitik)

Baca juga:  Disebut Larang Anaknya Maju Pilgub DKI, Jokowi: Tanya Kaesang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *