EkonomiNasional

Beras Premium Mahal, Mendag Minta Masyarakat Makan Beras Bulog

4057
×

Beras Premium Mahal, Mendag Minta Masyarakat Makan Beras Bulog

Sebarkan artikel ini
Mendag Zulkifli Hasan. [Tangkapan layar]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Di tengah mahalnya harga beras premium lokal di pasaran, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta masyarakat untuk beralih mengomsumsi beras Bulog.

“Tadi banyak (beras) Bulog, berasnya enak (dan) juga bagus,” kata Zulhas kepada wartawan usai mengecek harga beras di Pasar Klender SS, Jakarta Timur, Senin (26/2/2024).

Ketua Umum PAN itu menuturkan, Bulog saat ini sudah menyiapkan beras program SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dan beras komersial sebagai alternatif bagi warga. Secara rinci, untuk beras SPHP dijual dengan harga Rp 55.000 per kantong isi 5 kg dan untuk beras komersial dijual seharga Rp 14.000 per kg.

Menurut Zulhas, beras Bulog layak menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat karena memiliki rasa yang enak dan berkualitas baik.

“Ada beras komersial Rp 14.000 per kilogram, ada beras SPHP itu Rp 55.000 per karung (kemasan 5 kilogram),” beber dia.

Zulhas menjelaskan dengan adanya peralihan konsumsi masyarakat ke beras SPHP dan beras komersial Bulog ini, ketersediaan stok beras premium lokal yang saat ini mengalami perlambatan produksi bisa menjadi cukup. Kondisi ini juga dinilai secara perlahan dapat menurunkan harga jual beras premium.

Sebab dengan peralihan konsumsi tadi, permintaan terhadap beras premium lokal secara otomatis akan turun. Hal ini bisa membuat suplai beras yang mengalami perlambatan produksi menjadi cukup.

“Ini laju kenaikan (harga) beras lokal yang belum panen ini bisa bertahan (cukup) kalau permintaan turun (karena warga beralih ke beras Bulog),” jelas Zulhas.

Baca juga:  2 Juta Ton Beras Impor Banjiri Indonesia Selama 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *