HukumNasional

Benny Usul Uji Kelayakan Capim KPK Digelar DPR Baru

5137
×

Benny Usul Uji Kelayakan Capim KPK Digelar DPR Baru

Sebarkan artikel ini
Waketum Partai Demokrat Benny Harman.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Benny K Harman mengusulkan agar proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test calon pimpinan (Capim) KPK dilakukan oleh anggota DPR periode selanjutnya. Sebagai informasi, pendaftaran Capim KPK periode 2024-2029 akan dimulai 26 Juni nanti.

“Memang akan lebih bagus pada periode yang akan datang baru bisa. Ya, ya, bisa juga dilakukan periode yang akan datang,” kata Benny kepada wartawan pada Senin (30/6/2024).

Namun, dia tak mempersoalkan jika fit and proper test capim KPK dilakukan di DPR periode saat ini. “Ya boleh, nggak masalah,” kata Benny.

Menurut Benny, hal yang lebih penting ialah langkah proaktif panitia seleksi (pansel) capim KPK dalam menjaring berbagai tokoh. Dia mengungkit komitmen presiden terpilih, Prabowo Subianto, dalam memberantas korupsi.

“Ya, saya pertama meminta pansel itu untuk proaktif mencari tokoh-tokoh yang punya integritas tinggi untuk ikut seleksi pimpinan KPK. Jadi proaktif, jangan menunggu,” kata Benny.

Kedua, lanjutnya, pansel diharapkan bisa menemukan calon-calon pimpinan KPK yang punya komitmen kuat untuk memberantas korupsi.

“Yang ketiga, tentu lebih kondusif karena presiden terpilih Pak Prabowo dalam banyak kesempatan, baik dalam pertemuan terbuka, kampanyenya, mengangkat juga isu korupsi sebagai kejahatan luar biasa,” imbuhnya.

Menurut Benny, Prabowo telah menyatakan komitmen seriusnya melawan korupsi. Dengan begitu, dia mewanti-wanti pansel tidak berseberangan dengan komitmen tersebut.

“Bahkan dia menyatakan perang semesta melawan korupsi. Itu komitmen beliau. Oleh sebab itu, jangan sampai pansel KPK itu menjadi tokoh-tokoh yang tidak in line dengan komitmen presiden terpilih,” ungkapnya.

Baca juga:  Soal Kasus Harun Masiku, MAKI Minta KPK Tak Banyak Drama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *