NasionalPolitik

Bawaslu Nyatakan Pembagian Bansos Jokowi di Dekat Spanduk Prabowo-Gibran Tak Langgar Netralitas

5104
×

Bawaslu Nyatakan Pembagian Bansos Jokowi di Dekat Spanduk Prabowo-Gibran Tak Langgar Netralitas

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. [Instagram @rahmatbagja_]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah selesai memproses laporan dugaan pelanggaran netralitas oleh Presiden Joko Widodo terkait tindakannya membagikan bantuan sosial (bansos) di dekat spanduk paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Serang, Banten.

Hasilnya, Bawaslu menyatakan tindakan ayah dari salah satu kontestan Pilpres 2024, Gibran Rakabuming, itu tidak melanggar netralitas.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Gedung MK, Jakarta Pusat pada Kamis (28/3/2024).

“Berdasarkan hasil kajian terhadap laporan nomor 001/2024 tanggal 18 Januari 2024, tidak ditindaklanjuti karena laporan tidak memenuhi unsur pelanggaran Pemilu,” kata Bagja.

Sebelumnya, tindakan Jokowi membagikan bansos di dekat spanduk Prabowo-Gibran pada 8 Januari 2024 lalu viral di media sosial. Istana sempat memberikan klarifikasi terkait hal itu.

“Tentu di dalam lokasi acara steril dan setelah Bapak keluar dari lokasi acara, membagikan bansos ke masyarakat yang berkumpul di jalan, nah di situ ketangkap (kamera) banyak poster, sebenarnya di luar (acara) itu karena daerah perumahan,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Dia membantah spanduk yang dipasang itu tidak ada kaitannya dengan Jokowi yang membagikan bansos. “Ya tidak berkaitan dengan Presiden.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *