NasionalPolitik

Bawaslu Akan Bongkar Dugaan Pengerahan Bansos untuk Menangkan Prabowo-Gibran

5951
×

Bawaslu Akan Bongkar Dugaan Pengerahan Bansos untuk Menangkan Prabowo-Gibran

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. [Intagram @rahmatbagja_]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan membongkar dugaan pengerahan bantuan sosial (bansos) untuk pemenangan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subinto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan, dugaan pengerahan bansos untuk suksesi paslon 02 itu akan diungkap dalam sidang berikutnya.

“Kita juga harus menjelaskan bagaimana penggunaan bansos menurut Bawaslu seperti apa. Nanti kita akan jawab,” ujar Bagja, usai menghadiri Sidang Pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden, di Ruang Sidang Utama Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).

Bagja menuturkan, pihaknya banyak menangani kasus politik uang yang terjadi di Pemilihan Legislatif (Pileg). Jumlahnya mencapai 30 lebih perkara yang terbukti melanggar.

“Ada juga yang masih jalan karena laporannya baru ada. Kemudian ada juga yang sudah kedaluwarsa karena kejadian pada 2023, baru dilaporkan sekarang,” sambungnya mengulas.

Sementara untuk kasus politik uang atau pemberian hadiah dalam pemilihan presiden (pilpres), Bagja belum bisa memastikan jumlahnya. Namun, dia tidak memungkiri ada yang dilaporkan ke Bawaslu.

“Pilpres kami cek (dulu). Kalaupun ini sama, tapi tidak terlalu banyak pembuktiannya. Namun kita akan lihat laporan dari teman-teman di tingkat bawah,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *