NasionalPolitik

Bahlil Yakin Hakim MK Tak Akan Terpengaruh Amicus Curiae

6442
×

Bahlil Yakin Hakim MK Tak Akan Terpengaruh Amicus Curiae

Sebarkan artikel ini
Bahlil Lahadalia. [Ig @bahlillahadalia]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia meyakini amicus curiae atau sahabat pengadilan tidak akan mempengaruhi independensi hakim konstitusi dalam memutus perkara sengketa Pilpres 2024.

“Serahkan saja pada hakim. Persidangan sudah berjalan, saya punya keyakinan bahwa hakim punya independensi yang kuat,” kata Bahlil di Istana Kepresidenan, Jakarta belum lama ini.

Bahlil optimis pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

“Saya punya keyakinan Mas Gibran dan Pak Prabowo menang. Masa 91 juta lebih penduduk Indonesia yang sudah memilih dianulir dengan amicus curiae,” ujarnya.

Diketahui, hingga Rabu (17/4/2024) sore, MK telah menerima sebanyak 21 amicus curiae. Dokumen amicus curiae itu diserahkan sejak Maret 2024 dan dikirimkan melalui berbagai metode, seperti via email resmi MK, pos, maupun datang langsung ke MK.

Amicus curiae salah satunya diajukan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Selasa (16/4/2024).

Kepala Biro Hukum Administrasi dan Kepaniteraan MK Fajar Laksono mengatakan MK hanya mempertimbangkan amicus curiae yang diterima sampai 16 April 2024 pukul 16.00 WIB.

Baca juga:  Akhirnya! Bahlil Akui Belum Ada Investor Asing Masuk IKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *