NasionalPolitik

Andika Perkasa Masuk Bursa Cagub Jakarta dari PDIP

6572
×

Andika Perkasa Masuk Bursa Cagub Jakarta dari PDIP

Sebarkan artikel ini
Mantan Panglima TNI Andika Perkasa.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Nama mantan Panglima TNI sekaligus Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa masuk bursa Cagub Jakarta dari PDI Perjuangan. Hal itu diungkap Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan.

Selain Andika, sejumlah nama juga masuk daftar bursa Cagub Jakarta mulai dari Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menurut Pantas, PDIP pada prinsipnya akan mempertimbangkan sejumlah faktor dalam mengambil keputusan.

PDIP pun memiliki kriteria tersendiri untuk sosok Cagub DKI yang akan diusung. Pertama, sosok tersebut harus berkomitmen dalam mengimplementasikan ideologi pancasila. Kedua, bisa memenuhi harapan Jakarta ke depan.

“Ketiga, walaupun Jakarta bukan lagi sebagai Ibu Kota, tetapi Jakarta masih tetap menjadi Indonesia mini yang harus mencerminkan ke-Indonesiaan, yang mencerminkan persatuan, yang mencerminkan toleransi yang tinggi dan lain sebagainya,” kata Pantas pada Kamis (25/4/2024).

Anggota DPRD DKI Jakarta itu menekankan faktor elektabilitas menjadi yang terpenting dalam menentukan cagub yang akan diusung. Di sisi lain, PDIP tetap memprioritaskan kader partainya sebagai cagub DKI.

“Utama sudah pasti lah kader yang menjadi prioritas. Tapi sekali lagi kan itu yang perlu dilihat, elektabilitas juga menjadi sangat penting. Tetapi ada nilai-nilai dasar yang harus mutlak harus dimiliki,” ucapnya.

Di sisi lain, PDIP juga membuka kesempatan bagi masyarakat mendaftar sebagai cagub DKI Jakarta. Setelah dilakukan penjaringan, akan ada tahapan-tahapan selanjutnya yang mesti dijalani.

“Setelah kita jaring baru kemudian dilakukan penyaringan gitu. Setelah dilakukan penyaringan-penyaringan, mungkin akan dilakukan tes-tes tertentu apakah itu psikotes, yang urusannya dengan kepemimpinan dan lain sebagainya,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *