NasionalPolitik

Usai Putusan DKPP, Mahfud MD Ingatkan KPU Hati-hati

4260
×

Usai Putusan DKPP, Mahfud MD Ingatkan KPU Hati-hati

Sebarkan artikel ini
Mahfud MD.

Rilpolitik.com, Yogyakarta – Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar berhati-hati pasca diputus melanggar etik oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres pada Pemilu 2024.

“KPU hati-hati dari sekarang,” kata Mahfud dalam acara Tabrak, Prof! di Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Senin (5/2/2024) malam.

Mahfud mengingatkan, KPU telah berkali-kali melakukan pelanggaran. Bahkan, Hasyim Asy’ari sudah dua kali mendapatkan peringatan keras.

“Dan supaya ingat, KPU ini sudah berkali-kali melakukan pelanggaran, banyak sekali. Kalau kita beri tahu, hanya diperbaiki gitu, lalu tidak ada perbaikan berikutnya. Ini kesalahan yang berikutnya, dan Saudara Hasyim Asy’ari itu salahnya sudah dua kali peringatan keras,” ujarnya.

Mahfud menambahkan jika Hasyim Asy’ari melakukan pelanggaran kembali, maka dia harus diberhentikan.

“Kesalahan atau pelanggaran yang berat didapatkan Hasyim Asy’ari, tetapi kalau terjadi sekali lagi dia harus diberhentikan dari KPU,” tuturnya.

Kendati demikian, Mahfud mengatakan bahwa keputusan KPU untuk menetapkan Gibran sebagai cawapres tidak menyalahi secara prosedur.

“Secara hukum, secara umum, prosedural pencalonan Mas Gibran tentu sudah sah. Apapun putusan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu itu tidak akan, secara hukum ya, tidak akan mempengaruhi prosedur yang telah dibentuk,” katanya.

Mahfud menjelaskan bahwa putusan DKPP itu hanya untuk mengadili anggota KPU secara pribadi, bukan keputusan yang telah dibuat.

“Kenapa? DKPP itu mengadili pribadi, mengadili pribadi-pribadi anggota KPU. Bukan keputusan KPU-nya, yang produknya itu tidak dimasalahkan. Ini yang pribadi, Hasyim Asy’ari bersalah, yang lain juga bersalah,” ucapnya.

Baca juga:  Bahlil Akui Belum Ada Investor Asing Masuk IKN, Mahfud MD: Oh, Belum Ada Ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *