DaerahPolitik

Tiga Parpol Absen di Pemilu Legislatif Sumenep

5408
×

Tiga Parpol Absen di Pemilu Legislatif Sumenep

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

Rilpolitik.com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengungkap ada tiga partai politik yang tidak memiliki bakal calon legislatif 2024. Hal ini karena tiga partai tersebut tidak mendaftarkan bacalegnya ke KPU hingga pendaftaran ditutup pada Minggu (14/5/2023).

“Ada tiga partai yang tidak mendaftarkan Bacaleg ke KPU, ada Partai Buruh, Garuda, dan Perindo,” ungkap Divis Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sumenep Deki Prasetia Utama pada Senin (15/5/2023).

Ia mengatakan masalah adaministrasi yang tidak lengkap menyebabkan ketiga parpol tersebut tidak mendaftarkan bacaleg.

Ia mencontohkan Partai Buruh yang sempat mendaftar pada Minggu (14/52023) sekitar pukul 21.00 WIB. Namun, pihaknya tidak bisa menerima karena berkas yang dibawa tidak lengkap.

Perwakilan Partai Buruh kembali mendatangi KPU pada Senin (15/5/2023) sekitar pukul 00.10 WIB. Namun, pada momen itu, pendaftaran bacaleg sudah ditutup.

Merujuk pada PKPU (Peraturan KPU) nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, pendaftaran yang lewat dari waktu yang ditentukan tidak dapat diproses.

“Kalau Partai Perindo memang sudah konfirmasi kalau tidak akan mendaftarkan bacaleg, kalau Partai Garuda bilang mau mendaftar tapi hingga waktu yang ditentukan tidak ada,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *