BeritaDaerah

Prof Harisudin Janji Perkuat Peran Alumni Jika Terpilih Rektor UIN KHAS Jember

4661
×

Prof Harisudin Janji Perkuat Peran Alumni Jika Terpilih Rektor UIN KHAS Jember

Sebarkan artikel ini

Rilpolitik.com, Jember – Panitia penjaringan calon Rektor kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember telah menetapkan nama-nama calon Rektor yang memenuhi persyaratan administratif. Salah satu calon Rektor yang turut mendaftar karena keterpanggilan akademik dan moral adalah Prof. Dr. H. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Prof Haris, begitu biasa dipanggil, bertekad untuk menguatkan peran alumni. Penguatan alumni UIN KHAS Jember ini menjadi satu program utama jika nanti dirinya terpilih sebagai Rektor UIN KHAS Jember periode 2023 – 2027.

Komitmen Prof Haris untuk memberdayakan para alumni, khususnya alumni Fakultas Syariah, telah ia buktikan selama menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember (2019-2023). Misalnya, kegiatan halal bi halal setiap tahun, webinar orientasi kerja alumni, penguatan skill alumni berkaitan dengan dunia usaha dan industry, penguatan organisasi alumni dengan membentuk Kafsya sebagai wadah para alumni, dan program penguatan lainnya yang koheren.

Karenanya, Prof. Haris berkomitmen untuk membangun gedung alumni sebagai salah satu bagian dari programnya. Menurutnya, gedung tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pusat dari berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan oleh para alumni UIN KHAS Jember.

“Wajah alumni adalah wajah perguruan tinggi, jika para alumninya keren, artinya perguruan tingginya juga keren. Gedung alumni harus ada sebagai episentrum pemberdayaan alumni dan perluasan peran dalam rangka memajukan kampus UIN KHAS,” tutur Prof. Haris saat diwawancarai di kediamannya, Jember, pada Jumat (28/7/2023).

Dari gedung tersebut, lanjut Prof. Haris, diharapkan para alumni UIN KHAS Jember dapat ikut berperan dalam kegiatan kampus dan berkontribusi untuk pengembangan perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, Prof. Haris yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia tersebut, memiliki komitmen tinggi untuk mengalokasikan para alumni ke berbagai sektor kehidupan.

“Salah satu caranya dengan mempromosikan para alumni pada bermacam sektor. Saya yakin kalau alumni UIN KHAS Jember itu memiliki potensi dan kapasitas yang dapat diandalkan. Karenanya, penting untuk selalu kita promosikan,” tegas Prof. Haris.

Pengalokasian para alumni oleh Prof. Haris tidak hanya akan berfokus di lingkup dalam negeri saja, melainkan juga luar negeri.

“Visi saya itu kan ingin menjadikan UIN KHAS Jember sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional, ya caranya dengan pendistribusian alumni, misalnya penyedian ruang-ruang beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri,” tuturnya.

Selama menjadi Dekan Fakultas Syariah, Prof Haris telah melakukan beberapa program, misalnya pelatihan Pendidikan Profesi Pegawai Negeri Sipil (PPPK), pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pelatihan kewirausahaan (entrepreneur), Pendidikan Profesi Advokat, (PPA)dan bidang lain yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

“Kita tidak serta merta mempromosikan para alumni dengan tangan kosong, para alumni akan kita bekali dengan kegiatan pelatihan, sehingga mereka betul-betul siap bersaing di dunia kerja dengan para alumni perguruan tinggi lainnya,” ucap Prof. Haris yang juga Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN).

Dirinya mengaku juga akan mengupayakan para alumni untuk terus mendapatkan beasiswa (scholarship), baik dalam dan luar negeri. Menurutnya, dengan adanya dukungan finansial berupa beasiswa, diharapkan para alumni mampu menciptakan lingkungan akademik yang berprestasi dan berdaya saing tinggi.

Prof. Haris saat ini juga aktif sebagai narasumber di berbagai kegiatan, seperti seminar, bedah buku, dan diskusi ilmiah.

Misalnya, narasumber tentang ‘Tata Kelola SDM Menuju Fakultas Syariah UIN Sultan Mahmud Hasanudin Banten yang Unggul’ Fakultas Syariah UIN Sultan Mahmud Hasanudin Banten, narasumber ‘Pendidikan Profesi Advokat’ oleh APSI Jawa Timur, narasumber ‘Kisi-Kisi Pengantar Muktamar Internasional Fikih Peradaban I pada Harlah 1 Abad NU, narasumber ‘Bedah Buku Fiqh Aqalliyat’ di UIN Raden Intan Bandar Lampung, nara sumber ‘Workshop Penyusunan RIP, Renstra dan Renop Pasca Sarjana UIN Fatmawati Bengkulu’, nara sumber ‘Islam Nusantara dalam Perspektif Ushul Fiqh’ Universitas Brawijaya Malang, nara sumber ‘Hukum Indonesia Berkarakter Pancasila’ Fakultas Hukum Unnes Semarang’, nara sumber ‘Membentuk Pola Pikir Mahasiswa yang moderat IAIN Palangkaraya, nara sumber Kuliah Umum ‘Pemilu, Demokrasi, dan Ibukota Nusantara’ UIN Samarinda, narasumber Kultum Ramadhan ‘Meraih Keberkahan dengan Zakat dan Sedekah Bulan Ramadhan di Musim Pandemi’ di UMI Wellington, New Zealand, Nara Sumber ‘Fiqh Qorona Sidney Australia’ dan lainnya.

Dari sisi organisasi, Prof Haris memiliki pengalaman organisasi yang cukup luas. Saat ini, ia merupakan Satgas Wilayah Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama Jawa Timur, aktif di PW Lembaga Dakwah NU Jawa Timur, PW Lembaga Ta’lif wan Nasyr NU Jawa Timur, dan Katib Syuriah PCNU Jember (2009-2014). Selain itu, ia aktif sebagai Wakil Dewan Kehormatan APSI Jawa Timur (2020-2025); Ketua PP Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (2021-2025); Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan MUI Jawa Timur (2021-2026); Dewan Pakar Asosiasi Program Studi Hukum Tata Negara Indonesia (APHUTARI) Masa Bakti 2022-2026; Ketua Tim Akreditasi MUI Jawa Timur (2022); Mabinda PMII Korcab Jawa Timur (2022-2024); Ketua Mabincap PMII Jember (2022-2023); Dewan Pakar ABPTSI Wilayah Jawa Timur (2022-2026); Dewan Pakar PP Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (2022-2026) dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *