EkonomiNasional

Pernah Sesumbar Ratusan Investor Asing Antre Masuk IKN, Ternyata Jokowi Bohong

9275
×

Pernah Sesumbar Ratusan Investor Asing Antre Masuk IKN, Ternyata Jokowi Bohong

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo.

Rilpolitik.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengungkapkan hingga saat ini belum ada inverstor luar negeri atau asing yang menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam keterangan pers usai menghadiri APEC CEO Summit, San Francisco dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (17/11/2023).

“Sampai saat ini belum ada (investor asing),” kata Jokowi.

Namun demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meyakini investor asing akan segera masuk setelah investor dalam negeri mulai bergerak.

“Saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk,” ujarnya.

Pernyataan Jokowi bahwa belum ada investor asing yang masuk bertolak belakang dengan klaim sebelumnya yang menyebut ratusan investor asing sudah antre untuk menanamkan modalnya di IKN.

Seperti dikutip Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jokowi pernah menyebut 300 investor asing antre untuk masuk ke IKN. 300 investor itu sudah menyatakan Letter of Interest atau minat.

Menurutnya, di antara para investor itu akan didahulukan investor lokal, sehingga investor luar negeri harus antre.

Basuki mengatakan, Presiden Jokowi ingin investor lokal didahulukan untuk turut menggarap proyek di IKN Nusantara. Sementara investor asing yang sudah menyatakan minat masih ditahan dan harus menunggu giliran. Contoh dari Singapura saja, pemerintah mengeklaim telah ada 130 investor yang sudah antre.

“Beliau (Presiden Jokowi) sampaikan ada 300 sekian LoI yang ditandatangani Badan Otorita IKN. Di antaranya ada 130 dari Singapura. Berapa dari Thailand. Tapi sampai sekarang itu direm dulu karena diutamakan dari dalam negeri,” kata Basuki saat ditemui setelah acara Konstruksi Indonesia di Jiexpo, Jumat (3/11/2023) malam.

Baca juga:  Djarot Sindir Jokowi Soal Anak dan Menantu Disiapkan, Mardani: Memang Terlihat Gamblang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *