NasionalPolitik

Pengakuan Ganjar-Mahfud dan Bantahan KPU Soal Tak Dapat Undangan Penetapan Presiden Terpilih

6423
×

Pengakuan Ganjar-Mahfud dan Bantahan KPU Soal Tak Dapat Undangan Penetapan Presiden Terpilih

Sebarkan artikel ini
Ganjar-Mahfud.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD absen dalam Rapat pleno penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu (24/4/2024).

Ganjar menyampaikan alasan ketidakhadirannya itu. Menurutnya, hingga Selasa (23/4/2024) malam, dirinya belum menerima undangan dari KPU.

Politikus PDIP ini mengaku, baru menerima kabar tentang penetapan pada Rabu pagi, sementara posisinya masih di Yogyakarta.

“Kalau posisi saya di Jakarta, saya hadir. Makanya sampai dengan tadi malam saya tanya, apakah ada undangan? Jawabnya tidak ada,” kata Ganjar kepada wartawan, Rabu.

Hal senada juga disampaikan Mahfud MD. Dia mengaku baru tahu ada undangan penetapan Presiden dan Wapres terpilih dari KPU setengah jam sebelum acara itu dimulai.

“Saya tidak tahu kalau ada undangan, baru setengah jam sebelum acara dimulai itu ada pemberitahuan lewat telepon, ‘Ini Bapak ke KPU tidak?’ Ada apa saya bilang? Terus diberi tahu acara penetapan. Jadi waktunya tidak terkejar, jadi saya tidak tahu kalau ada undangan,” kata Mahfud dalam keterangannya, Rabu.

Tim pendamping atau Liaison Officer (LO) Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Lisa membenarkan keterlambatan KPU menyampaikan undangan ke paslon 03. Dia menyampaikan undangan dari KPU baru dikirimkan kepadanya pada pukul 08.00 WIB, sementara acara dimulai pukul 10.00 WIB.

Lisa mengatakan, pihak KPU pertama kali mengirimkan undangan bukan untuk pasangan calon melainkan para ketua umum (ketum) partai politik pengusung.

“Itu kan yang dikirim juga undangan untuk ketum parpol, di surat undangan juga ditulis 23 April sedangkan acaranya 24 April. Kepatutan undangan kan 2×24 jam,” kata Lisa, Rabu.

Baca juga:  Bahlil Akui Belum Ada Investor Asing Masuk IKN, Mahfud MD: Oh, Belum Ada Ya?

Bantahan KPU

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) (KPU) Idham Holik membantah pihaknya tak mengundangan paslon Ganjar-Mahfud dalam sidang pleno terbuka penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2024 pada hari ini, Rabu (24/4/2024).

Idham menjelaskan KPU mengirim surat undangan dengan dua metode kepada sejumlah pihak termasuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

“Dengan dua metode itu, kami pastikan surat undangan sudah disampaikan,” ujar Idham.

Metode pertama adalah surat dalam bentuk hard copy. Metode kedua berupa surat dalam bentuk digital.

Idham menyebut KPU mengirimkan soft copy surat undangan melalui aplikasi pesan singkat maupun surat elektronik.

Idham juga mengaku secara pribadi sudah mengomunikasikan undangan tersebut lewat narahubung pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

“Prinsipnya kami sudah berkomunikasi, tidak hanya secara formal, tapi juga menggunakan cara informal,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *