HukumNasional

Khofifah Diadukan ke KPK atas Dugaan Korupsi di Kemensos

7353
×

Khofifah Diadukan ke KPK atas Dugaan Korupsi di Kemensos

Sebarkan artikel ini
Khofifah Indar Parawansa.

JAKARTA, Rilpolitik.comKhofifah Indar Parawansa dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh kelompok yang mengatasnamakan diri Forum Komunikasi Masyarakat Sipil. Ia dilaporkan terkait kasus dugaan korupsi saat menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) RI.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Sipil, Sutikno mengatakan, pihaknya melaporkan Khofifah terkait dugaan korupsi program verifikasi dan validasi di Kemensos tahun 2015 yang diduga telah merugikan negara puhan miliar.

“Kita dapatkan audit dari BPK, kerugian proyek yang kita laporkan itu Rp 98 miliar di kasus di Kemensos tahun 2015, program verifikasi dan validasi orang miskin,” kata Sutikno, di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2024)

Selain program validasi dan verifikasi, Sutikno juga melaporkan proyek pengadaan tenda. Proyek tersebut diduga merugikan negara Rp 7,8 miliar.

Dia mengatakan kuasa penggunaan anggaran proyek pengadaan tenda tersebut adalah Adhy Karyono, mantan pejabat Kemensos yang kini menjabat Pj Gubernur Jawa Timur.

“Ternyata pada waktu 2015 itu, selain program verifikasi dan validasi itu, ada program namanya pengadaan tenda, dan juga diduga ada kerugian Rp 7,8 miliar, pengadaan tenda tersebut,” jelas Sutikno.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan adanya laporan tersebut. KPK akan segera menindaklanjuti laporan tersebut.

“Tentu KPK pasti dalami data, informasi, yang diterima tersebut untuk memastikan apakah sesuai dengan syarat dari laporan masyarakat termasuk substansinya juga dilakukan penelaahan lebih lanjut terkait dugaan korupsi yang dilaporkan oleh masyarakat tersebut,” ujar Ali,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *