NasionalPolitik

Ketua KPU Sebut Saksi dan Ahli Kubu Anies-Ganjar Tak Berkualitas

5012
×

Ketua KPU Sebut Saksi dan Ahli Kubu Anies-Ganjar Tak Berkualitas

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyebut sajsi dan ahli yang diajukan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam sisang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak berkualitas. Hal itu ditunjukkan dengan sikap hakim konstitusi yang enggan bertanya lebih jauh terhadap saksi dan ahli para pemohon.

“Sepemahaman kami, hakim-hakim tidak tertarik memeriksa saksi dan ahli lebih lanjut. Jadi bisa dikatakan saksi yang diajukan tidak berkualitas,” kata Hasyim usai persidangan, Jumat (5/4/2024).

Menurut UU Pemilu 7/2017, sengketa pemilu adalah gugatan hasil pemilu. Namun, menurut Hasyim, gugatan tim Anies dan Ganjar tidak fokus pada hasil perolehan suara.

“Membaca dan mempelajari pokok perkara pemohon 1 dan 3, di dalamnya kita tidak mendapati sama sekali dalil tentang selisih suara antara masing-masing paslon, juga tidak ada selisih suaranya di kabupaten mana,” ujarnya.

Hasyim menjelaskan paslon yang menang dalam pilpres ialah mereka yang mendapat lebih dari 50 persen suara dengan distribusi minimal 20 persen suara di 20 provinsi. Sehingga keterangan saksi dan bukti yang dihadirkan para pemohon, Menurut Hasyim, tidak menguatkan dalil dalam gugatan mereka.

“Majelis hakim pasti akan mempertimbangkan fakta-fakta dalam persidangan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *