NasionalPolitik

Kekuatan Politik Jokowi Segera Menuju 0 Persen

5923
×

Kekuatan Politik Jokowi Segera Menuju 0 Persen

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Pengamat politik senior, Rustam Ibrahim berbicara terkait kekuatan Joko Widodo atau Jokowi pasca lengser dari kursi Presiden. Menurutnya, kekuatan politik mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan segera menuju ke 0 persen.

Rustam mengakui, Jokowi saat ini masih sangat powerful. Bahkan, kekuatan Jokowi sebagai presiden mengalahkan kekuatan PDI Perjuangan sebagai partai politik besar.

Kekuasaan politik yang begitu powerful dari Jokowi, kata Rustam, sangat membantu kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

“Bobot politik Jokowi yang besar sebagai Presiden sangat membantu kemenangan pasangan 02, dibanding bobot politik PDIP dalam memenangkan pasangan 03,” kata Rustam dalam unggahanya di X pada Kamis (2/5/2024).

Namun, lanjut Rustam, akan sangat berbeda ketika nanti Jokowi sudah pensiun dari jabatan presiden. Menurutnya, kekuatan politik Jokowi akan jatuh sampai mendekati 0 persen.

Sementara kekuatan PDIP, tetap di kisaran 17 persen sesuai dengan perolehan suaranya pada Pileg 2024

“Tapi setelah pensiun nanti pada 20 Oktober 2024, bobot real politik Jokowi akan merosot mendekati 0% dan PDIP tetap sekitar 17%,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Jokowi yang merupakan kader PDI Perjuangan mengambil jalan yang berbeda dengan partai berlambang kepala banteng pada Pilpres 2024. PDIP mengusung pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sedangkan Jokowi mendukung anaknya, Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres pendamping Prabowo Subianto lewat perubahan syarat usia Capres-Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dipimpin adik ipar Jokowi, Anwar Usman.

(War/rilpolitik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *