NasionalPolitik

KAMMI Minta KY Dalami Putusan MA yang Buka Jalan Bagi Kaesang Maju Pilgub

4370
×

KAMMI Minta KY Dalami Putusan MA yang Buka Jalan Bagi Kaesang Maju Pilgub

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum KAMMI Ahmad Jundi.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) meminta Komisi Yudisial (KY) untuk mendalami putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah syarat batas usia calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub).

“Kami minta Komisi Yudisial dalami keputusan MA,” ujar Ketum PP KAMMI Ahmad Jundi kepada wartawan, Jumat (31/5/2024).

Menurut Jundi, tak ada yang salah dengan ketentuan Pasal 4 ayat 1 huruf d PKPU Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Dia menilai, aturan tersebut sudah sesuai dengan UU Pilkada.

Sebab itu, KY perlu mendalami putusan MA yang mengubah ketentuan dalam aturan tersebut.

“Tentu publik akan sulit mengesampingkan dugaan adanya kepentingan politik putra presiden dalam putusan ini,” jelas Jundi.

Jundi menyinggung soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan batas usia capres-cawapres tetap 40 tahun, kecuali sudah berpengalaman sebagai kepala daerah. Dia melihat ada kemiripan pola di antara putusan MA dan MK tersebut.

“Kami pikir nalar publik hari ini belum sembuh dari cedera pada putusan MK, dan kembali dilukai dengan putusan MA yang polanya mirip,” sambungnya.

Diketahui, melalui Putusan Nomor 23 P/HUM/2024, Mahkamah Agung (MA) mengubah syarat batas usia calon gubernur dan wakil gubernur dari 30 tahun saat mendaftar sebagai calon menjadi 30 tahun saat dilantik.

Putusan tersebut menuai banyak kritik karena dianggap membuka jalan bagi putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep maju Pilgub 2024 meskipun secara umur masih belum memenuhi syarat saat pendaftaran. Sebab, Kaesang saat ini baru berusia 29 tahun.

Baca juga:  Kata Ketua KPU Soal Putusan MA yang Ubah Syarat Batas Usia Calon Kepala Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *