NasionalPolitik

Jokowi Akan Tangkap Kades yang Korupsi Dana Desa

5177
×

Jokowi Akan Tangkap Kades yang Korupsi Dana Desa

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo. [Dok. akun X Jokowi]

Rilpolitik.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengultimatum para kepala desa (Kades) yang berani menyelewengkan dana desa. Ia menegaskan akan menangkap kades yang berani korupsi dana desa.

Jokowi menuturkan, pemerintah pusat mengirim anggaran hingga Rp2 miliar untuk masing-masing desa setiap tahunnya.

“Hampir tiap tahun itu kurang lebih 1-2 miliar dikirimkan ke desa-desa. Jadi kalau enggak jadi barang, kepala desanya diciduk,” kata Jokowi saat Pembukaan Jambore Nasional Dai Desa Madani Parmusi di Cianjur, Jawa Barat pada Selasa (26/9/2023).

Menurut Jokowi, total anggaran dana desa mencapai Rp539 triliun untuk 74.800 desa di seluruh Indonesia sejak 2015 sampai 2023. Dari total anggaran itu, Jokowi menyebut telah terbangun 326.000 kilometer jalan desa.

“Pak kok panjang sekali, ya panjang sekali tapi itu tiap desa hanya 5 kilometer, karena kita punya desa 74.800. Kalau selesai 326 (ribu) di bagi hanya kira-kira 4-5 kilometer per desa. Masih sangat pendek sekali,” jelasnya.

Selain itu, dana desa juga digunakan untuk membangun embung di 6.400 desa. Jokowi pun meminta agar masyarakat mengecek pembangunan-pembangunan di desa.

Jika ada desa yang tidak melakukan pembangunan dengan baik, Jokowi menduga ada banyak tindak pidana korupsi. Dia pun siap menurunkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengecek pembangunan di desa tersebut.

“Coba nanti Bapak/Ibu sekalian yang ada di desa, para dai, bener ndak angka-angka ini. Ada jalan desa baru enggak, ada embung enggak, ada irigasi baru enggak. Kalau ndak, berarti banyak yang korup disitu. Akan saya turunkan BPK, BPKP,” tutur Jokowi.

 

Baca juga:  Tak Undang Jokowi-Gibran, Rakernas PDIP Hanya Untuk Kader yang Setia pada Konstitusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *