NasionalPolitik

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Sepanjang Sejarah Demokrasi Indonesia

5322
×

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Sepanjang Sejarah Demokrasi Indonesia

Sebarkan artikel ini
Jusuf Kalla. [Sumber: Instagram @jusufkalla]

DEPOK, Rilpolitik.com – Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menilai Pemilu 2024 merupakan yang terburuk sepanjang sejarah demokrasi Indonesia.

Hal itu disampaikan JK saat menyampaikan sambutan di acara diskusi “Konsolidasi untuk Demokrasi Pasca Pemilu 2024: Oposisi atau Koalisi” di Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Depok pada Kamis (8/3/2024).

“(Pemilu 2024) Ini adalah pemilu yang terburuk dalam sejarah Indonesia sejak tahun 1955, artinya adalah demokrasi pemilu yang kemudian diatur oleh minoritas, artinya orang yang mampu, orang pemerintahan, oleh orang yang punya uang,” kata JK.

JK khawatir bila sistem ini menjadi suatu kebiasaan, Indonesia akan kembali ke zaman otoriter. “Itu saja masalah sebenarnya,” tegas JK.

Dia juga mengatakan saat ini rakyat Indonesia melihat dari berbagai pandangan, kemarahan dan protes. Sebab, Pemilu 2024 tidak transparan dan banyak kecurangan serta banyak hal yang menyebabkan demokrasi tidak berjalan seperti yang diharapkan.

“Mulai dari dana bansos yang besar, macam-macam yang besar, masalah ancaman, masalah gabungan dari semua itu tentu menyebabkan adanya tidak ada demokrasi yang kita harapkan dan suara rakyat jadi terbeli oleh kemampuan-kemampuan para hal yang menentukan. Itu yang terjadi,” katanya.

JK menilai solusi terbaiknya adalah mengklarifikasi mengenai kecurangan dan tidak transparannya pemilu tahun 2024.

“Siapa pun pemenangnya nanti, pemimpin negara harus mendapatkan kepercayaan dari rakyat. Solusinya, masalah ini seharusnya diselesaikan secara konsitusional,” ucap JK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *