EkonomiNasional

Adi Prayitno Kritik Rencana Pemberian Izin Tambang ke Ormas

8023
×

Adi Prayitno Kritik Rencana Pemberian Izin Tambang ke Ormas

Sebarkan artikel ini
Adi Prayitno. [Dok. rilpolitik.com]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengkritik rencana pemberian Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk ormas keagamaan. Dia sepakat bahwa ormas harus diberdayakan, namun tidak perlu sampai harus diberikan izin tambang.

“Semua setuju ormas harus diberdayakan. Tapi tak harus dikasih konsesi tambang juga,” kata Adi Prayitno dikutip dari akun X-nya pada Senin (13/5/2024).

Adi meragukan kemampuan ormas untuk mengelola pertambangan. Hal itu dikhawatirkan dimanfaatkan pihak ketiga untuk bermain.

“Kemampuan tehnis dan lain-lain ormas tentu minim. Khawatir merusak ekosistem bisnis dan ada ‘pihak ketiga’ yang bermain,” ujarnya.

Selain itu, melalui IUP tersebut, Adi khawatir ormas hanya dijadikan sebagai alat bargainin politik untuk mendapatkan jabatan.

” Khawatir ormas hanya jadi alat bargain jabatan politik di 2024,” katanya.

Diketahui, pemerintah berencana membagikan izin usaha pertambangan (IUP) ke organisasi kemasyarakatan (ormas) melalui revisi Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkap alasan pemberian IUP ke Ormas. Salah satunya, karena ormas keagamaan dianggap berjasa memerdekakan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *