NasionalSerba-serbi

Targetkan Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Kompetisi Penulisan Artikel

5861
×

Targetkan Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Kompetisi Penulisan Artikel

Sebarkan artikel ini
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember gelar lomba penulisan artikel.

Rilpolitik.com, Jember – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menargetkan salah satu jurnalnya dapat menjadi jurnal ilmiah bereputasi internasional. Jurnal yang disiapkan adalah Indonesian Journal of Law and Islamic Law (IJLIL). Saat ini, jurnal IJLIL telah terakreditasi Sinta 5.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni mengungkapkan, pihaknya telah memetakan potensi jurnal di lingkungan Fakultas Syariah yang diproyeksikan menuju jurnal ilmiah bereputasi internasional terindeks Scopus dan ada yang disiapkan untuk terakreditasi nasional.

Menurut Wildan, akselerasi peningkatan mutu jurnal di lingkungan Fakultas Syariah menjadi salah satu garapan utama. Karena itu, beberapa langkah dijalankan sesuai dengan peta jalan pengembangan yang telah dirancang, termasuk kompetisi penulisan artikel untuk menjaring artikel ilmiah yang berkualitas.

“Call for submission yang dikemas dalam bentuk kompetisi penulisan artikel ilmiah ini dimaksudkan sebagai penjaringan artikel berkualitas dari pengkaji bidang studi hukum dan hukum Islam untuk selanjutnya diterbitkan pada jurnal IJLIL,” terang Dekan Fakultas Syariah Wildani Hefni, Selasa (9/1/2024) di Jember.

Dikatakan Wildan, masing-masing dari enam pemenang akan mendapatkan penghargaan sebesar $100 (AUD dollar) dan akan diterbitkan pada jurnal IJLIL . Dekan Fakultas Syariah ini juga menambahkan bahwa kompetisi perdana untuk penulisan artikel jurnal ilmiah IJLIL ini terbuka untuk umum dengan lingkup kajian pada studi interdisipliner hukum dan hukum Islam, dengan fokus pada isu-isu hak asasi manusia.

“Artikel disubmit secara online melalui alamat ini, paling lambat tanggal 10 Mei 2024. Setiap artikel terdiri 6.000–7.500 kata dengan mengadopsi format penulisan artikel jurnal IJLIL,” demikian ungkap Wildani Hefni.

Sementara Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain mengungkapkan bahwa pihaknya mendorong percepatan jurnal-jurnal di lingkungan lingkungan UIN KHAS Jember agar dapat terakreditasi nasional dan bereputasi internasional.

“Kami gerak cepat untuk melakukan upaya dan langkah-langkah strategis dalam penguatan publikasi ilmiah di lingkungan UIN KHAS Jember, termasuk salah satunya dengan akselerasi pengelolaan jurnal. Kami sedang melakukan pemetaan jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember untuk melihat jurnal mana saja yang harus didorong akreditasinya, pada level berapa, lalu tahun berapa targetnya dan apa langkah kongkritnya. Misalnya, dari jurnal yang belum terakreditasi menjadi terakreditasi Sinta, dari jurnal terakreditasi Sinta menuju jurnal ilmiah bereputasi internasional, ataupun jurnal mana yang dipersiapkan untuk dapat terindeks Scopus,” demikian ungkap Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain.

Flyer lomba penulisan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *