NasionalPolitik

PKB Siapkan Lawan Khofifah, Tak Akan Biarkan Ada Bumbung Kosong di Pilgub Jatim

6226
×

PKB Siapkan Lawan Khofifah, Tak Akan Biarkan Ada Bumbung Kosong di Pilgub Jatim

Sebarkan artikel ini
Waketum PKB Jazilul Fawaid.

JAKARTA, Rilpolitik.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjamin tidak akan ada bumbung kosong di Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024. PKB menyiapkan kadernya melawan pasangan calon (paslon) petahana, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak untuk menghindari terjadinya calon tunggal di Pilgub Jatim.

Menurut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, partainya saat ini tengah menjaring kader internalnya untuk maju di Pilgub Jatim 2024.

“PKB masih dalam proses untuk menjaring. Kita berharap dinamika Pilgub Jawa Timur menarik. Jangan sampai ada bumbung kosong kan. Masa pemilu bumbung kosong,” kata Jazilul Fawaid di Gedung DPP PKB, Sabtu (8/6/2024).

Merujuk pada penjelasan Mahkamah Konstitusi (MK) di situsnya, bumbung kosong adalah kertas bergambar kosong yang disandingkan dengan calon tunggal di surat suara pemilihan kepala daerah.

Jika kertas kosong yang menang, maka calon kepala daerah tersebut tak boleh lagi nyalon, kepala daerah ditunjuk langsung pemerintah.

Jazilul mengatakan, PKB bisa mengusung sendiri bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Jatim. Namun, sampai saat ini memang nama yang diusung masih belum final.

“PKB menunggu sampai detik akhir. Nanti dari proses dinamika siapa dari tokoh-tokoh yang terjaring nanti akan didukung PKB,” jelasnya.

“Pokoknya kita jamin tidak bumbung kosong di Jawa Timur,” imbuhnya.

Jazilul mengungkapkan mama eks Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar atau dikenal dengan sapaan Kiai Marzuki yang bisa menjadi calon kuat penantang petahana. Namun demikian, ia mengatakan belum ada nama final.

“Kan ada Kiai Marzuki ada macem-macem masih banyak. Belum, kalau fix masih belum, masih nunggu proses,” pungkas dia.

Baca juga:  Peluang Jadi Wakil Khofifah Tertutup, PDIP Siap Bangun Koalisi dengan PKB di Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *