NasionalPolitik

PKB dan Nasdem Resmi Deklarasikan Anies-Cak Imin Jadi Capres-Cawapres

5658
×

PKB dan Nasdem Resmi Deklarasikan Anies-Cak Imin Jadi Capres-Cawapres

Sebarkan artikel ini
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. [Dok. Instagram DPP PKB]

Rilpolitik.com, Surabaya – Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Capres dan Cawapres 2024. Deklarasi berlangsung di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (2/8/2023).

Deklarasi dihadiri oleh para elite dari kedua partai tersebut. Anies dan Cak Imin hadir mengenakan kemeja putih lengkap dengan peci hitam.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan selamat kepada Anies dan Cak Imin sebagai pasangan Capres dan Cawapres 2024.

“Saya mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden, dan Bung Muhaimin sebagai calon wakil presiden,” kata Surya Paloh saat memberikan sambutannya.

Paloh mengaku sudah lama mengenal sosok Anies dan Cak Imin.

“Saya mengenal kedua sosok ini sebagai lebih dekat dalam kurun waktu cukup panjang,” ujar Paloh.

Duet Anies Baswedan dan Cak Imin menggegerkan politik Tanah Air. Pasalnya, Anies merupakan bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Sementara PKB merupakan anggota Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres bersama Gerindra, Golkar, PAN, dan PBB.

Partai Demokrat sebagai anggota Koalisi Perubahan merasa telah dikhianati dengan keputusan duet Anies dan Cak Imin. Demokrat menyebut keputusan tersebut dilakukan secara sepihak dan diam-diam.

Pasalnya, sepekan sebelum itu, Anies berkirim surat tulisan tangan yang meminta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Cawapres pendampingnya.

Demokrat pun langsung membuat keputusan menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan dan mencabut dukungan ke Anies.

(Abn/Rilpolitik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *