NasionalPolitik

Ini Dampak Jika PDIP ‘Kawin Paksa’ dengan Anies di Pilgub DKI

7359
×

Ini Dampak Jika PDIP ‘Kawin Paksa’ dengan Anies di Pilgub DKI

Sebarkan artikel ini
Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khairul Umam.

JAKARTA, Rilpolitik.com – PDI Perjuangan menyatakan ketertarikannya untuk mengusung Anies Baswedan maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024. Anies pun merespon positif ketertarikan partai banteng tersebut.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khairul Umam menilai kerja sama politik antara Anies Baswedan dengan PDI Perjuangan sulit terjadi dalam waktu dekat.

Umam mengatakan Anies dan PDIP memiliki basis konstituen yang berbeda. Sehingga jika dipaksa ‘kawin’ akan berdampak terhadap hilangnya sejumlah konstituen masing-masing.

Dia menilai Anies dan PDIP memiliki basis konstituen yang sulit dipertemukan. Anies merepresentasikan basis pemilih Islam dan PDIP punya basis nasionalis. Sebab itu, kerja sama politik akan sangat merugikan bagi keduanya.

“Peleburan itu juga berpeluang pada melemahnya basis pemilih loyal masing-masing. Baik di DKI Jakarta maupun di jaringan relawan nasional yang selama ini terkonsilidasi oleh sentimen ideologis yang kuat,” kata Umam pada Minggu (8/6/2024).

Selain berisiko kehilangan basis pemilih, lanjut Umam, kedua pihak juga harus mempertimbangkan konstelasi partai politik lain dalam dinamika menjelang Pilkada Jakarta.

Menurut dia, dinamika politik itu bakal memiliki dampak untuk mengatur siapa figur yang bakal didorong untuk mengikuti Pilkada Jakarta.

Terlebih, PDIP tidak bisa mengusung paslon sendiri. Artinya, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu harus cari gandengan parpol lain agar bisa memenuhi syarat mengusung paslon sendiri.

“Artinya wacana menyatukan entitas Anies dan PDIP di Pilkada Jakarta masih terlalu dini. Belum ada indikasi lanjutan yang lebih kuat, yang memungkinkan konsolidasi politik itu terjadi,” kata Umam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *