NasionalPolitik

Hasto Sebut PDIP Siap Jadi Oposisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

6741
×

Hasto Sebut PDIP Siap Jadi Oposisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Sebarkan artikel ini
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Rilpolitik.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menegaskan PDIP siap menjadi oposisi pada pemerintahan mendatang. Menurutnya, PDIP memiliki pengalaman panjang menjadi oposisi, yakni usai Pemilu 2024 dan 2009.

Hal itu disampaikan menyusul kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count di Pilpres 2024.

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto pada Kamis (15/2/2024).

Hasto mengatakan oposisi penting sebagai check and balances terhadap jalannya pemerintahan. Menurutnya, berkaca dari dua periode pemerintahan Presiden Joko Widodo, kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi.

Ia pun mengatakan PDIP siap berjuang baik lewat fraksi partai di parlemen, maupun di partai secara institusi.

“Karena apapun yang terjadi dalam dinamika politik nasional, kami punya kewajiban untuk menyampaikan apa yang terjadi kepada rakyat,” kata dia.

Diketahui, Hasil quick count sementara sejumlah lembaga survei menempatkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Pasangan nomor urut 2 itu mengungguli jauh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Quick count Litbang Kompas terkini misalnya, mencatat Prabowo-Gibran meraup 58,60 persen suara. Pilpres pun diprediksi akan berlangsung satu putaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *