DaerahPolitik

Gerindra Minta Maaf Pernah Usung Achmad Fauzi di Pilkada Sumenep 2020

6146
×

Gerindra Minta Maaf Pernah Usung Achmad Fauzi di Pilkada Sumenep 2020

Sebarkan artikel ini
Ketua DPC Partai Gerindra Sumenep, KH Ilyasi Siraj. [Abad/rilpolitik]

SUMENEP, Rilpolitik.com – Kritik terhadap kepemimpinan Achmad Fauzi di Kabupaten Sumenep terus bermunculan menjelang kontestasi Pilkada 2024. Ketua DPC Partai Gerindra Sumenep, KH. Ilyasi Siraj pun akhirnya meminta maaf karena pernah mengusungnya pada Pilkada 2020 lalu.

Permintaan maaf itu disampaikan Kiai Ilyasi dalam sebuah forum diskusi bertema, “Demokrasi dan Kepemimpinan Tunggal” yang diselenggarakan Jong Sumekar di sebuah hotel di kawasan Kolor, Sumenep, Jawa Timur pada Rabu (29/5/2024).

“Saya memohon maaf karena sesungguhnya Bupati yang saat ini duduk itu rekomendasinya dari Partai Gerindra. Pengusungnya kami,” kata Kiai Ilyasi.

Kiai Ilyasi mengatakan rekom Gerindra terhadap Fauzi saat itu turun langsung dari DPP tanpa meminta pertimbangan DPC terlebih dahulu. Dia menyebut pihaknya saat itu sebenarnya sangat keberatan karena rekom yang diberikan tanpa syarat.

“Waktu itu sangat keberatan sesungguhnya kami. Karena itu rekom tanpa syarat,” ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka itu mengakui ketidakberdayaan DPC apabila DPP sudah mengambil keputusan.

“Seideal-ideal saudara di sini, begitu DPP-nya sudah main mata, selesai sudah. Di sini sedang mungkin berdiskusi mau bargaining itu, di sana juga (mungkin) sedang berjalan prosesnya,” ucapnya.

Menurut Kiai Ilyasi, pencalonan Fauzi pada Pilkada 2020 bisa jadi gagal jika dirinya waktu itu tidak mau menandatangani surat rekomendasi dukungan sebagai syarat bisa maju Pilkada.

“Saya pastinya waktu itu kalau tidak tanda tangan maka tidak memenuhi syarat untuk mengusung sesungguhnya,” cerita dia.

Namun, Kiai Ilyasi akhirnya menandatangani surat rekom untuk Fauzi atas pertimbangan kepentingan rekonsiliasi nasional pasca Pilpres 2019.

“Saya berpikir ini kepentingan rekonsiliasi nasional. Ada kepentingan nasional yang harus kita jaga waktu itu. Itu saja pertimbangan saya,” tuturnya.

Baca juga:  4 Petahana Gugur, Komisioner KPU Sumenep Periode 2024-2029 Full Diisi Wajah Baru

Sikap tersebut, kata Ilyasi, menunjukkan loyalitasnya terhadap Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang saat itu baru dilantik sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI. “Saya sebagai ketua partai, saya sudah menunjukkan loyalitas saya kepada pimpinan,” tegasnya.

(Ah/rilpolitik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *