NasionalPolitik

Ganjar Tantang Prabowo Bantah Data Ranking Pertahanan RI

5022
×

Ganjar Tantang Prabowo Bantah Data Ranking Pertahanan RI

Sebarkan artikel ini
Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo. [Tangkapan layar]

Rilpolitik.com, Jakarta – Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menantang Capres nomor urut 2 yang merupakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto untuk membantah datanya terkait ranking keamanan RI yang turun.

Mantan Gubernur DKI Jawa Tengah itu meminta Prabowo menjelaskan penyebab indeks pertahanan, militer, dan perdamaian Indonesia menurun.

“Pak saya senang bapak kalau mau bantah data saya. Global peace kita menurut, global military kita turun, kapabilitas militer dari Lowy Institute Asia Power Indeks turun, proporsi anggaran militer turun. Saya ingin tanya, capaian MEF itu cuma sampai 65,49% dari target 79%. Kenapa terjadi penurunan?,” tanya Ganjar pada Prabowo dalam debat capres ketiga yang diselenggarakan KPU pada Minggu (7/1/2024) malam.

Prabowo pun menjawab dirinya sudah menyusun rencana pertahanan. Namun, mandek karena ada Covid-19 sehingga terjadi refocusing anggaran oleh Menteri Keuangan.

“Masalah yg kita hadapi, tolong, saya memang sudah menjadi menteri pertahanan 4 tahun, tetapi kita diganggu oleh Covid oleh 2 tahun dimana terjadi refocusing,” kata Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Jadi sebagai seorang menteri, sebagai seorang team player saya harus loyal. Jadi saya tidak banyak bicara di depan umum,” sambungnya.

Ganjar pun mengaku tidak puas atas jawaban ini. Ia menganggap Prabowo tidak menjawab sama sekali pertanyaannya seraya menyentil jawaban Menhan tersebut yang kembali menyinggung rencana pembelian pesawat tempur bekas.

Bahkan, Ganjar menantang asisten Prabowo untuk naik podium membantu Prabowo bantah datanya.

“Maaf kali ini bapak tidak menjawab sama sekali. Saya pengen data yang bapak katakan salah, itu silahkan Anda bantah. Bapak tidak mampu bantah dan bapak sebutkan pesawat bekas,” ujarnya.

Prabowo pun memberikan penjelasannya kembali. Menurutnya, tidak fair bila Ganjar meminta penjelasan yang panjang dan jelas namun ada batasan waktu dari KPU.

“Anda minta saya kasih penjelasan yang begitu rumit tapi waktu saya terbatas. Oh saya transparan saudara. dan yang saya katakan kalau kita bicara MEF, MEF itu mulai dari berapa periode yang lalu,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *