NasionalPolitik

Eks Hakim Konstitusi Sebut Pemanggilan 4 Menteri Bukti Keseriusan MK

5954
×

Eks Hakim Konstitusi Sebut Pemanggilan 4 Menteri Bukti Keseriusan MK

Sebarkan artikel ini
Eks Hakim Konstitusi Maruarar Siahaan. [Tangkapan layar]

JAKARTA, Rilpolitik.com – Mantan Hakim Konstitusi, Maruarar Siahaan menyebut pemanggilan empat menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) ke sidang sengketa Pilpres 2024 menjadi bukti keseriusan Mahkamah Konstitusi (MK) menangani perkara tersebut.

“Saya kira keputusan majelis untuk memanggil empat menteri sangat serius sebenarnya, tetapi menurut saya mereka sudah ada indikasi atau bukti permulaan yang akan mereka dukung,” ujar Maruarar dalam salah satu tayangan program TV Nasional pada Rabu (3/4/2024).

Maruarar menilai, pemanggilan keempat menteri tersebut dipicu oleh permintaan para pemohon yaitu paslon 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan palson 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Terlepas dari itu, kata Maruarar, MK juga membutuhkan keterangan dari keempat menteri tersebut yang nantinya dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan putusan.

“Saya kira memang indikator yang nampak dari pasangan nomor 1 dan 3 tentu telah memberikan input yang mentrigger mereka (MK), yang membutuhkan suatu data-data yang tidak terpengaruh dari pihak pemohon ini, tetapi boleh memberikan data yang betul, otentik yang bisa dipertimbangkan dalam putusan,” ungkap dia.

Sebagai informasi, empat menteri Presiden Joko Widodo yang dipanggil MK untuk dimintai keterangan adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kemudian Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Keempatnya memastikan akan hadir dalam sidang lanjutan pada Jumat (5/4/2024).

MK telah mengirimkan suarat resmi kepada empat menteri KIM untuk memberikan keterangan dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *