DaerahPolitik

Amankan Pilkada 2024, Bawaslu Banten Bangun Sinergi Lintas Sektor

6932
×

Amankan Pilkada 2024, Bawaslu Banten Bangun Sinergi Lintas Sektor

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Banten Ali Faisal.

BANTEN, Rilpolitik.com – Menghadapi gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten terus menjalin komunikasi dan sinergi dengan berbagai pihak untuk menjamin keberlangsungan Pilkada 2024 yang aman, damai, dan kondusif.

“Secara umum hubungan kami dengan Kepolisian khususnya Polda Banten sudah menjalin kerjasama yang baik dalam Gakkumdu,” kata Ketua Bawaslu Banten Ali Faisal (11/5/2024).

Menurut Ali Faisal, sinergi ini bertujuan agar masing-masing pihak dapat memangkas hambatan dan kendala yang terjadi pada saat melaksanakan tugas mengawal pelaksanaan pesta demokrasi di Provinsi Banten.

“Kami Bawaslu Provinsi Banten meskipun di IPKP terletak di posisi sedang namun kami Bawaslu Provinsi Banten bisa menjawab kerawanan tersebut dengan langkah-langkah antisipasi,” katanya.

“Adanya tantangan khusus dalam Pilkada baik dalam waktu yang sempit serta masih adanya kerawanan antar peserta Pilkada yang perlu diantisipasi bersama,” sambungnya.

Namun demikian, bila berkaca pada pelaksanaan Pilkada 2020 lalu, kata Ali Faisal, dirinya optimistis bahwa Pilkada Banten yang akan digelar pada 27 November 2024 ini akan berjalan lancar. “Pada Pilkada 2020 kami bisa membuktikan bahwa meskipun dalam kondisi covid-19 kami bisa meningkatkan partisipasi Pemilu yaitu pada saat pelaksanaan Pilkada di Kota Cilegon.”

Sebabnya, komunikasi dan sinergi lintas sektor, menurut Ali Faisal mutlak diperlukan demi keamanan dan kelancaran pilkada 2024.

“Kami bekerjasama namun kita memiliki ranah pertanggung jawaban konstitusional masing – masing sehingga kami tidak bisa di intervensi maupun dipengaruhi oleh pihak manapun karena independensi kita harus kita jaga baik baik bersama – sama,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *